Produsen Gentong Teraso-Harga Teraso Terjangkau Kualitas Original

PRODUKSEN GENTONG TERASO-HARGA TERASO TERJANGKAU KUALITAS ORIGINAL

Karena suara gemercik air tersebut dapat membuat hati kitamenjadi tenang, sehingga akan menjadi kerajinan tangan yang unik danpertama di masyarakat.Pada awal eksperimen pembuatan curug gentong ini ibu RittaAprianti, menggunakan media kaleng biskuit. Tetapi setelah sekali dicoba,media kaleng biskuit itu dirasa kurang menarik, hingga akhirnyatercetuslah ide dengan media gentong. Awalnya, hanya kerabat dekatyang memesan,namun seiring berjalannya waktu berita tantangkeberadaan curug gentong ini mulai menyebar sehingga banyak adapesanan yang datang, melihat hal ini ibu Ritta Aprianti mulai seriusmenjual produknya secara professional. Sehingga akhirnya, di akhir tahun2003 Curug Gentong resmi terdaftar di Desperindag kota Depok sebagai UKM. Pada tahun 2004, Tulungagung mulai melibatkan diri di berbagaipameran dan mulai dikenal oleh masyarakat. Pada Agustus 2008, cabang pertama dibuka di Palembang. Beberapa kesepakatan dibuat, terutamamasalah system, berapa tahun menjalin kerjasama, dan bagaimanapembagian profit. Dalam masalah permodalan UKM Tulungagung dari awal usahaini didirikan hingga sekarang masih menggunakan modal sendiri. Padaawal usahanya, UKM Tulungagung memilliki modal sebesar 5 juta.Namun dalam jngka waktu 1,5 tahun UKM Tulungagung sudah memilikimodal sebesar 10 juta.

Gentong Teraso
Gentong Teraso

Pada tahun 2005, pasaransempat naik. Hal ini dipicu oleh banyaknya yang meliput, di sini yangmeliput adalan koran Republika. Pada pertengahan 2006, pasaran turun,salah satu akibatnya adalah kenaikan BBM. Kemudian, pasaran naik lagihingga saat ini, ketika mulai diliput oleh Cabe Rawit, sebuah acara televise.di salah satu stasiun TV swasta, bahkan hingga menerima 55 teleponlangsung dari seluruh penjuru Indonesia ketika acara tersebut disiarkan.Peningkatan volume pemesanan biasanya terjadi sehabis melakukanpameran, yang mana peningkatan volume produksi bisa mencapai 30%.Saat ini dimana UKM Tulungagung tengah mengadakan ekspansi bisnisdi daerah lampung volume produksinya meningkat pesat hingga mencapailebih dari 100 buah per bulannya. Terkait tentang penyediaan produkUKM Tulungagung melakukan produksi ketika ada pesanan dan hanyamemproduksi dalam jumlah kecil produk secara tetap tiap bulannya.Produk ini sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Takhanya pelanggan dari pulau Jawa saja yang memesan produk miniatur airterjun ini, tetapi juga dari daerah-daerah Palembang, Kalimantan, bahkanIrian Jaya dan daerah-daerah di pulau selain pulau Jawa.

Gentong Teraso
Gentong Teraso

Pada tahun 2005, pasaransempat naik. Hal ini dipicu oleh banyaknya yang meliput, di sini yangmeliput adalan koran Republika. Pada pertengahan 2006, pasaran turun,salah satu akibatnya adalah kenaikan BBM. Kemudian, pasaran naik lagihingga saat ini, ketika mulai diliput oleh Cabe Rawit, sebuah acara televisi. Curug Gentong merupakan miniatur taman lengkap dengan airyang mengalir dalam sebuah gentong. Sunda yang berarti „air terjun‟. Produk ini merupakan yang pertama di tanah air, maka jangan heran jika banyak diminati.Peminatnya tidak hanyadalam kota sekitar Jabodetabek saja, tetapi ada juga yang datang dari luarkota. Umumnya yang pertama membuat orang terkesan adalah suaragemericik air, kemudian reliefnya dan miniatur panorama alamnya.Mendengar dan menatap pemandangan miniature yang beraneka ragam tersebut seakan orang yang memandangnya dibawa ke suatu alampedesaan yang damai, dan sudah tentu membuat jiwa tenang. Agarkelihatan menarik dan lebih hidup, biasanya dilengkapi dengan lampuwarna-warni. Berdasarkan deskripsi dari Curug Gentong tersebut makacakupan pasar yang kiranya dimiliki oleh UKM Tulungagung adalah orang-orang yang senang menikmati ketenangan alam khususnya suara gemercik air.Tiap bulan miniatur air terjun yang diproduksi sekitar 50 hingga 200buah, tergantung pemesanan dari pelanggan.

Gentong Teraso
Gentong Teraso

Alamat :Jl.Kanigoro No.40 A , Campurjanggrang ,Campurdarat, Kabupaten Tulungagung , Jawa Timur 66272. lebih lengkapnya didepan balai desa Campurdarat Tulungagung.Produk terbaik ke III program Cabe Rawit SCTV Piagam penghargaan dari UKM Center UI Piagam dari Kankop & UKM Tulungagung Sertifikat Penghargaan sebagai UKM unggulan Tulungagung . Ide pembuatan curug gentong didapat oleh ibu Ritta Aprianti ketikamendengarkan sebuah keluhan dari kerabatnya yang menginginkanadanya taman yang tidak permanen, yang bisa dibawa kemanapun,bahkan ketika pindah rumah. Pada saat itulah ibu Ritta Apriantimendapatkan ide untuk membuat taman yang seperti yang diinginkankerabatnya tersebut. Terlebih lagi ibu Ritta Aprianti dan suaminya jugamerupakan seniman serta memiliki kecintaan terhadap alam, RittaAprianti dan suaminya Rery Enrico yang akrab dipanggil Rico mulaimencari cara agar pemandangan alam yang asri dapat dinikmati tanpaharus bepergian jauh. Mereka mulai dengan mengolah berbagai benda disekitar mereka untuk menciptakan hiasan rumah bernuansa alam. Padapembuatannya ibu Ritta Aprianti menggunakan konsep dasar agar suaragemercik air yang di hasilkan dari produknya dapan memiliki suara yangsama seperti suara gemerik alam yang ada di pedesaan dan dipegunungan.

Karena itu, UKM Tulungagung membuka cabang di Palembang dan berencana untukmembuka cabang-cabang lain di seluruh Indonesia. Jika ditinjau sebenarnya UKM Tulungagung mampu merambah semua cakupanpasar yang ada di masyarakat Indonesia kareana harga yang ditawarkanrelative terjangkau. Aspek ini berhubungan dengan berbagai usaha untuk memberikaninformasi pada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dansaatnya. Ada beberapa cara menyebarkan informasi ini, antara lainperiklanan (advertising), penjualan pribadi(Personal Selling),Promosipenjualan (Sales Promotion) dan Publisitas(Publicity). Periklanan(Advertising) merupakan alat utama bagi pengusahauntuk mempengaruhi konsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan olehpengusaha lewat surat kabar, radio, majalah,bioskop,televisi, atau pun dalam bentukposterposteryangdipasangdipinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis. Sebelum membahas tentang target market dari UKM Tulungagung ini ada baiknya kita mengetahui secara umum tentang apasebenarnya target market itu. Selama ini terlihat gejala semakin banyakperusahaan memilih target market yang akan dituju, keadaan inidikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka tidak dapatmelayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Karena terlalu banyaknya pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan kebutuhan dan keinginannya sehingga tidak mungkinuntuk mendapatkan semua pelanggan tersebut.

Penggunaan modal sendiri ini dilakukan bukankarena Ibu Ritta tidak mendapat pinjaman dari bank, namun karenabanyaknya potongan biaya yang akan diterima. Oleh karena haltersebutlah maka banyak tawaran permodalan dari bank yang ditolak olehIbu Ritta. Selain dari bank, UKM Tulungagung juga mendapat tawaranpinjaman dana bergulir yang disalurkan melalui koprasi dari Pemdakawasan Campurdarat tempatnya tinggalnya sekarang. Namun ia juga engganmengajukan karena menurutnya persyaratan koperasi terlalu ribet. Selainitu, terdapat isu bahwa dana bergulir untuk UKM ternyata lebih banyakdiberikan kepada mereka yang dekat dengan staff koperasi. Untuk saat iniIbu Ritta sebenarnya masih berharap untuk mendapatkan pinjamandengan menjalin kemitraan dengan BUMN. Dalam masalah pemasaran UKM Tulungagung dapat dikatakansangat sukses mengingat UKM Tulungagung merupakan fist mover bagi produk ini. Pada awal usahanya pemasaran hanya dilakukanterhadap para orang-orang terdekat, namun setelah mengikuti beberapapameran dan ekspos dari beberapa media cetak serta media elektroniknasional maka permintaan datang dari berbagai pelosok Indonesiatermasuk dari wilayah Irian Jaya. Untuk saat ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh UKM Tulungagung tidak banyak berubah dari awal berdirinya yaitu melalui pameran-pemeran.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kegiatan pemasaran adalahberbeda dengan penjualan, transaksi ataupun perdagangan. Dalam laporan kali ini kami akan mencobamemaparkan tentang aspek pemasaran dari UKM Tulungagung. Dalam analisis situasi pemasaran, setidak-tidaknya perlumemperhatikan 3 hal penting, yaitu analisis lingkungan umum, analisisperilaku konsumen, dan analisis perilaku pesaing. Dalam analisislingkungan, tanggung jawab manajemen pemasaran adalahmengidentifikasikan perubahan signifikan dari lingkungan umum yang terkait dengan usaha, yaitu sedikitnya memantau enam kekuatan utamalingkungan umum, yaitu:1. Aspek demografi2. Aspek ekonomi3. Aspek alam4. Aspek teknologi5. Aspek politik dan hukum6. Aspek sosial dan budayaCurug Gentong dalam melakukan pemasaran telahmengaplikasikan teori tersebut, yaitu dengan terus meng-update perkembangan berita yang berhubungan dengan bisnisnya, misalnyadengan mengikuti perkembangan kondisi ekonomi secara global danmemahami aspek demografi konsumennya.Engel, Blackwell, dan Miniard mendefinisikan perilaku konsumensebagai tindakan yang langsung terlibat untuk mendapatkan,mengonsumsi, serta menghabiskan barang dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini. 1. Aspek lingkungan, misalnya dipengaruhi lima faktor, yaitubudaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga, dan situasi.




Untuk pemesanan produk dengan model, bahan dan ukuran diluar yang sudah kami sediakan silahkan hubungi kami.


APRELLIA DEWI
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 36 Dsn. Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272

Posting Komentar untuk "Produsen Gentong Teraso-Harga Teraso Terjangkau Kualitas Original"